Layanan Universitas Gunadarma


Universitas Gunadarma memiliki banyak fasilitas dalam mendukung kegiatan belajar mengajar para mahasiswa dan pendidiknya. Layanan yang dibahas kali ini merupakan layanan online, yang mendukung kegiatan akademik para mahasiswa. Diantaranya adalah : 
  • StudentSite "http://studentsite.gunadarma.ac.id/" 
 Merupakan layanan locker digital mahasiswa. Setiap mahasiswa Gunadarma harus memiliki account studentsite-nya masing-masing untuk melihat jadwal kuliah, jadwal ujian, mengerjakan tugas dan info lainnya yang berkaitan dengan administrasi dan kegiatan akademiknya.
  • UGPedia "http://ugpedia.gunadarma.ac.id/"
Berisi info tentang informasi terkini di Universitas Gunadarma.
  •  BAAK Online “http://baak.gunadarma.ac.id/”
Seluruh informasi tentang kegiatan atau pengumuman penting di Universitas Gunadarma dapat dilihat disini.
  • SAP Online “http://sap.gunadarma.ac.id/”
Adalah kumpulan berbagai SAP(Satuan Acara Perkuliahan) seluruh jenjang dan fakultas di Gunadarma. Disini kita bisa melihat mata kuiah, Kompetensi Dasar dan Indikator mata kuliah yang tiap minggunya diajarkan ke para mahasiswa.
  • Warta Warga “http://wartawarga.gunadarma.ac.id/”
Disini kita bisa melihat dan menulis berbagai berita yang ditulis oleh para mahasiswa, yang dapat dilihat langsung oleh semua orang.
  •  iLab “http://ilab.gunadarma.ac.id/”
Situs yang berisi informasi tentang praktikum mandiri mahasiswa, dimana praktikum ini tidak dibimbing oleh asisten laboratorium pada umumnya.
  • StaffSite “http://staffsite.gunadarma.ac.id/”
Merupakan account pribadi para staff Gunadarma.
  • UG Community “http://community.gunadarma.ac.id/”
Media mahasiswa, dosen  dan alumni untuk berkomunikasi.
  • Career “http://career.gunadarma.ac.id/”
Situs untuk melihat lowongan kerja untuk mahasiswa dan alumnus Gunadarma.
  •  E-Learning “http://e-learning.gunadarma.ac.id/”
Pembelajaran digital secara virtual para mahasiswa di luar kelas.
  •  HelpDesk “http://helpdesk.gunadarma.ac.id/”
Media untuk menanyakan berbagai masalah yang terdapat di situs online Gunadarma. Misalnya tentang masalah pada account mahasiswa atau penggunaan internet atau wifi di lingkungan kampus Universitas Gunadarma.
  • Library “http://library.gunadarma.ac.id/”
Media perpustakaan online Universitas Gunadarma.
Berbagai media online yang terdapat di Gunadarma sangat membantu kita dalam mengakses berbagai informasi di Gunadarma. Baik untuk kegiatan belajar-mengajar ataupun mengakses informasi yang berkaitan dengan Universitas Gunadarma.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Yayasan

Yayasan merupakan suatu badan hukum yang mempunyai maksud dan tujuan bersifat sosial,  keagamaan dan kemanusiaan, didirikan dengan memperhatikan persyaratan formal yang ditentukan dalam undang-undang. Di Indonesia, yayasan diatur dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2004 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001 tentang Yayasan. Rapat paripurna DPR pada tanggal 7 September 2004 menyetujui undang-undang ini, dan Presiden RI Megawati Soekarnoputri mengesahkannya pada tanggal 6 Oktober 2004.

 Ditinjau dari segi kepentingan organisasi, Yayasan akan memberi manfaat yang cukup besar, di antaranya:
  • Mendapat perlindungan hukum berdasarkan undang-undang.
  • Memiliki kejelasan aturan organisasi yang tertuang dalam Anggaran Dasar.
  • Menambah rasa percaya diri para aktivisnya dalam berhubungan dengan pihak lain.
  • Memudahkan pihak lain yang akan berhubungan dengan organisasi tersebut.
  • Memungkinkan pengembangan usaha organisasi secara lebih luas.
  • Apabila timbul permasalahan atau konflik dapat diselesaikan secara hukum dengan aturan undang-undang dan peraturan pemerintah yang jelas.
Pendirian yayasan dilakukan dengan akta notaris dan mempunyai status badan hukum setelah akta pendirian memperoleh pengesahan dari Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia atau pejabat yang ditunjuk. Permohonan pendirian yayasan dapat diajukan kepada Kepala Kantor Wilayah Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia yang wilayah kerjanya meliputi tempat kedudukan yayasan. Yayasan yang telah memperoleh pengesahan diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia.
Sumber Hukum Yayasan :
  1. UU No. 28 Tahun 2004 Tentang Perubahan UU No.16 Tahun 2001
  2. UU No. 16 Tahun 2001 Tentang Yayasan
  3. Inpres No. 20 Tahun 1998 Tentang Penertiban Sumber-Sumber Dana Yayasan
 Sumber : www.id.wikipedia.org/yayasan
 
Yayasan yang saya kunjungi dalam rangka tugas kuliah kali ini bernama Yayasan Mumtaz Amami, yang didirikan pada tanggal 13 Januari 2010. Yayasan ini merupakan yayasan yang bergerak dalam bidang sosial dan keagamaan, dimana tujuannya yaitu membantu fakir miskin, kaum dhuafa dan yatim piatu. Dan dana operasional yang didapat oleh yayasan ini untuk menjalankan kegiatan sehari-hari berasal dari Dinas Sosial dan para donator/dermawan yang secara rutin menyumbang di yayasan ini. (Sumber : Zaki Mubarok - Pembina I Yayasan Mumtaz Amami)










  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Etika Bisnis dan Profesionalisme Kerja

Tambah VideoEtika Bisnis dan Profesionalisme Kerja


Etika dan profesionalisme kerja merupakan dua hal yang sangat berpengaruh dalam dunia kerja, baik untuk para karyawan maupun pimpinan suatu perusahaan. Perilaku seseorang dapat menentukan keberhasilan dalam bekerja. Oleh karena itu, etika menjadi hal yang sangat penting untuk para pebisnis dalam melakukan pekerjaannya. Karena, bila kita mengindahkan etika, mungkin saja keberhasilan tidak akan terjadi dan berakibat pada tidak maksimalnya pekerjaan yang dilakukan.


Banyak eksekutif muda saat ini yang mengesampingkan etika, yang menghalalkan segala cara demi tercapainya tujuan tertentu demi kepentingan sendiri. Hal ini justru akan mempersulit diri mereka sendiri, karena akan terjadi persaingan secara tidak sehat dalam dunia kerja. Tentunya etika akan menjadi suatu hal yang rumit untuk diterapkan. Banyaknya pebisnis yang melakukan korupsi, suap, penggelapan maupun hal negatif lainnya. Kasus tersebut menunjukkan bahwa tidak ada etika yang diterapkan oleh para pebisnis. Padahal, jika kita menerapkan etika dalam bisnis, banyak hal positif yang bermanfaat bagi pebisnis itu sendiri. Contohnya, bila kita menaati peraturan-peraturan yang ada di lingkungan perusahaan kita dan memerhatikan berbagai dampak, baik dampak positif maupun negatif, mungkin saja hal-hal yang kita tidak inginkan dapat kita antisipasi karena kita telah menaati peraturan-peraturan yang ada dengan baik.


Sebagai seorang pebisnis kita juga dituntut harus profesional dalam bekerja. Masalah dalam kehidupan pribadi dan masalah dalam pekerjaan harus dipisahkan.Bisa saja bila kita mengurusi masalah dalam kehidupan pribadi kita di kantor dapat mengganggu pekerjaan kita. Atau akibat lain emosi menjadi tidak terkontrol dengan baik karena masalah dalam kehidupan pribadi mengganggu konsentrasi untuk berpikir.

Akan terasa percuma bila kita memiliki IQ(Intellegence Quotient) tinggi tapi EQ(Emotional Quotient) rendah. Karena kita tidak bisa mengontrol dan mengendalikan emosi secara baik walau dikatakan memiliki kecerdasan tinggi. Bila kita aplikasikan dalam masalah pekerjaan, tentunya hal ini dapat memilii efek yang kurang baik dalam pergaulan di kantor. Justru sebaliknya jika EQ kita tinggi meski IQ pas-pasan, akan lebih menguntungkan diri kita sendiri karena kita lebih bisa mengontrol emosi kita sendiri dan menjaga batasan-batasan negatif yang ada diri kita. Kesuksesan pun akan lebih mudah kita raih karena EQ merupakan salah satu kunci keberhasilan seseorang.

Oleh karena itu, penting bagi seorang pebisnis untuk memerhatikan segala macam etika-etika yang ada, baik di perusahaan mereka sendiri maupun di luar lingkungan perusahaan mereka. Hal ini juga harus dipatuhi, bukan hanya karyawan bawahan saja, tapi juga para pemimpin perusahaan, karena terdapat simbiosis antarsemua pihak agar tercipta rasa yang nyaman dalam bekerja. Profesionalisme kerja juga harus kita perhatikan karena profesionalisme merupakan salah satu kunci keberhasilan seseorang.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS