Etika Bisnis dan Profesionalisme Kerja

Tambah VideoEtika Bisnis dan Profesionalisme Kerja


Etika dan profesionalisme kerja merupakan dua hal yang sangat berpengaruh dalam dunia kerja, baik untuk para karyawan maupun pimpinan suatu perusahaan. Perilaku seseorang dapat menentukan keberhasilan dalam bekerja. Oleh karena itu, etika menjadi hal yang sangat penting untuk para pebisnis dalam melakukan pekerjaannya. Karena, bila kita mengindahkan etika, mungkin saja keberhasilan tidak akan terjadi dan berakibat pada tidak maksimalnya pekerjaan yang dilakukan.


Banyak eksekutif muda saat ini yang mengesampingkan etika, yang menghalalkan segala cara demi tercapainya tujuan tertentu demi kepentingan sendiri. Hal ini justru akan mempersulit diri mereka sendiri, karena akan terjadi persaingan secara tidak sehat dalam dunia kerja. Tentunya etika akan menjadi suatu hal yang rumit untuk diterapkan. Banyaknya pebisnis yang melakukan korupsi, suap, penggelapan maupun hal negatif lainnya. Kasus tersebut menunjukkan bahwa tidak ada etika yang diterapkan oleh para pebisnis. Padahal, jika kita menerapkan etika dalam bisnis, banyak hal positif yang bermanfaat bagi pebisnis itu sendiri. Contohnya, bila kita menaati peraturan-peraturan yang ada di lingkungan perusahaan kita dan memerhatikan berbagai dampak, baik dampak positif maupun negatif, mungkin saja hal-hal yang kita tidak inginkan dapat kita antisipasi karena kita telah menaati peraturan-peraturan yang ada dengan baik.


Sebagai seorang pebisnis kita juga dituntut harus profesional dalam bekerja. Masalah dalam kehidupan pribadi dan masalah dalam pekerjaan harus dipisahkan.Bisa saja bila kita mengurusi masalah dalam kehidupan pribadi kita di kantor dapat mengganggu pekerjaan kita. Atau akibat lain emosi menjadi tidak terkontrol dengan baik karena masalah dalam kehidupan pribadi mengganggu konsentrasi untuk berpikir.

Akan terasa percuma bila kita memiliki IQ(Intellegence Quotient) tinggi tapi EQ(Emotional Quotient) rendah. Karena kita tidak bisa mengontrol dan mengendalikan emosi secara baik walau dikatakan memiliki kecerdasan tinggi. Bila kita aplikasikan dalam masalah pekerjaan, tentunya hal ini dapat memilii efek yang kurang baik dalam pergaulan di kantor. Justru sebaliknya jika EQ kita tinggi meski IQ pas-pasan, akan lebih menguntungkan diri kita sendiri karena kita lebih bisa mengontrol emosi kita sendiri dan menjaga batasan-batasan negatif yang ada diri kita. Kesuksesan pun akan lebih mudah kita raih karena EQ merupakan salah satu kunci keberhasilan seseorang.

Oleh karena itu, penting bagi seorang pebisnis untuk memerhatikan segala macam etika-etika yang ada, baik di perusahaan mereka sendiri maupun di luar lingkungan perusahaan mereka. Hal ini juga harus dipatuhi, bukan hanya karyawan bawahan saja, tapi juga para pemimpin perusahaan, karena terdapat simbiosis antarsemua pihak agar tercipta rasa yang nyaman dalam bekerja. Profesionalisme kerja juga harus kita perhatikan karena profesionalisme merupakan salah satu kunci keberhasilan seseorang.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar